cara untuk menghemat pengeluaran bulanan

5 Cara Untuk Menghemat Pengeluaran Bulanan, Terbukti Efektif

Di era yang  yang sudah semakin canggih ini tentu biaya kebutuhan hidup pasti semakin meningkat. Maka dari itu jika kita tidak memikirkan cara untuk menghemat pengeluaran bulanan tentu akan membuat kita semakin boros. Apalagi ketika sudah berkeluarga, anda harus melakukan perencanaan keuangan agar tidak terjadi desifit dalam mengelola uang tersebut.

Mungkin biasanya yang paling terasa dalam pengeluaran rutin bulanan seperti tagihan listrik yang semakin membengkak. Hal itu juga terjadi karena pemakaian listrik yang tidak diatur sesuai kebutuhannya. Jika tidak ingin pembengkakan itu terjadi, maka dari sekarang kita harus memulai langkah untuk menghemat listrik.

Cara Untuk Menghemat Pengeluaran Bulanan

Nah cara untuk menghemat listrik yang efektif itu bisa dimulai dari hal-hal sepele loh. Banyak sekali orang yang secara tidak sadar menggunakan barang eletronik saat tidak dibutuhkan. Kebiasaan itu lah yang secara umum harus dirubah dari sekarang jika ingin berhemat. Apa saja kira-kira cara untuk menghemat pengeluaran bulanan itu? simak artikel di bawah ini.

1. Penggunaan Lampu

cara untuk menghemat pengeluaran bulanan (1)

Langkah hemat listrik yang bisa anda lakukan pertama kali adalah untuk tidak menggunakan lampu pada siang hari. Hindarilah penggunaan lampu pada ruangan rumah anda yang berlebihan. Jika ingin lebih efisien lagi, gunakanlah lampu LED sebagai ganti dari lampu bohlam biasa. Karena lampu LED ternyata juga bisa menghemat biaya listrik, tahan lama dan lebih terang. Keuntungan lainnya dari pemakaian lampu LED adalah bisa mencegah terjadinya korsleting. Biasanya lampu bohlam biasa lebih rentan terkena korsleting dibandingkan dengan lampu LED.

2. Matikan Penghangat Rice Cooker

cara untuk menghemat pengeluaran bulanan (5)

Seperti yang anda ketahui bahwa rice cooker itu berfungsi untuk memasak nasi. Tapi selain itu juga rice cooker bertugas untuk menjaga agar nasi tetap dalam keadaan hangat. Sehingga biasanya rice cooker termasuk salah satu peralatan rumah tangga yang jarang sekali dimatikan. Itu juga menandakan bahwa listrik dari rice cooker sendiri akan terus menyala.

Ads : Situs judi online terpercaya

Maka untuk itu cobalah dalam hal memasak nasi diperhitungkan dahulu agar bisa sekali masak langsung habis. Jadi setelah pemakaian rice cooker bisa dimatikan dan tidak membuang listrik. Banyak juga keuntungan yang didapat selain lebih hemat listrik. Salah satunya adalah anda akan mengurangi kadar gula yang lebih tinggi di dalam nasi tersebut. Tentu hal itu akan membuat anda dan keluarga lebih sehat bukan jika bisa menghemat rice cooker?

3. Perhatikan Penggunaan AC

cara untuk menghemat pengeluaran bulanan (3)

Nah salah satu yang paling mempunyai dampak paliing besar dalam pengeluaran listrik adalah AC di dalam rumah. Jika anda tipe orang yang jarang mematikan AC, maka dari sekarang anda harus merubah hal tersebut. Biasakanlah untuk mematikan terlebih dahulu AC ketika anda tidak berada dalam ruangan tersebut. Jika ingin lebih berhemat, kipas angin bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa mengganti AC pada siang hari jika memang kondisinya sedang tidak terlalu panas.

Juga biasakan rutin membersihkan AC anda dalam 1-3 bulan tergantung seberapa sering anda memakai AC tersebut. Karena filter di dalam AC yang kotor akan sedikit membutuhkan energi listrik yang lebih besar untuk membuat ruangan tersebut dingin.

4. Posisi Peletakan dan Penggunaan Kulkas

cara untuk menghemat pengeluaran bulanan (4)

Banyak sekali orang yang belum mengetahui hal ini yaitu cara meletakkan posisi kulkas atau lemari es. Jangan pernah menaruh kulkas di tempat yang langsung terpapar sinar matahari, dekat kompor, oven dan semua barang yang bisa menghasilkan panas. Dan usahakan posisi kulkas tersebut tidak terlalu menempel pada dinding, agar kulkas itu sendiri mempunyai ruang sirkulasi udara panas yang dikeluarkan. Jarak yang paling ideal antara kulkas dan dinding sekitar 10-15cm, karena jika semakin panas bagian mesin belakang kulkas, maka pasti listrik yang dikeluarkan akan semakin besar.

5. Cabut Kabel Yang Tidak Terpakai di Saklar

cara untuk menghemat pengeluaran bulanan (2)

Cara terakhir yang bisa anda coba yaitu cabutlah kabel yang tidak terpakai yang terpasang di saklar. Usahakan setelah selesai menggunakan barang-barang elektronik yang menggunakan daya listrik, maka cabutlah kabel tersebut dari saklarnya. Sangat sayang jika anda harus membayar listrik yang terbuang sia-sia tersebut. Selain itu juga anda akan mencegah terjadinya korsleting di dalam ruangan.

Itulah beberapa cara untuk menghemat pengeluaran bulanan anda. Apalagi pemerintah juga sudah mengedukasi kepada masyarakat untuk berbijaklah dalam penggunaan listrik di dalam rumah ataupun ruangan lainnya. Kami juga pernah membuatkan artikel tentang profesi yang dulunya diremehkan tetapi saat ini justru banyak diminati oleh kalangan muda atau kaum millenials.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *